Beranda Serba Serbi Generasi Muda Bima Diajak Cintai Produk Lokal!

Generasi Muda Bima Diajak Cintai Produk Lokal!

Siswa SMP dan SMA se Kota Bima saat berkunjung di PLUT untuk melihat produk lokal Bima.

Siswa SMP dan SMA se Kota Bima saat berkunjung di PLUT untuk melihat produk lokal Bima.
BimaBagus, NTB.-
Ratusan pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK/MA diajak Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia (RI), berkunjung ke Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Bima, Selasa 3 Oktober 2017. Di PLUT siswa diajak untuk melihat berbagai produk lokal Bima, seperti kain tenun, madu, olahan ikan, abon kuda, dan berbagai produk lainnya.

Selain diajak mengenal produk lokal, juga diharapkan mencintai dan menggunakannya. Produk lokal adalah potensi yang harus terus dikembangkan dan menjadi kebanggaan.

Para pelajar pun terlihat antusias melihat dan mengenal produk yang ada di PLUT. Beberapa kreasi dari limbah juga dipajang. Para pelaku industri kreatif menitipkan produknya di tempat ini untuk dikanalkan atau promosikan.
Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kemendag RI, Suhanto mengatakan, pihaknya sengaja menyasar pelajar untuk kampanye atau sosialisasi Cinta Produk Indonesia. Generasi muda menjadi pasar potensial bagi perkembangan industri dalam negeri.

“Agar generasi muda tidak terlena dengan brand dari luar dan menganggapnya selalu bagus,” ujarnya.
Suhanto menyampaikan, membeli produk Indonesia, berarti menggerakkan permintaan terhadap produk dalam negeri. Dengan begitu, masyarakat berkontribusi mendorong perkembangan industri nasional.

Suhanto juga menjelaskan, Kemendag memiliki tiga kebijakan prioritas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertama, meningkatkan pertumbuhan kinerja ekspor dan perluasan akses pasar yang berkelanjutan. Kedua, pengamanan pasar dalam negeri dengan meningkatkan perdagangan dalam negeri yang bertumbuh dan berkualitas.

Ketiga, reformasi birokrasi dengan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di sektor perdagangan.
Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung proses produksi, selain akan tumbuh rasa bangga akan produk Indonesia, diharapkan generasi muda dapat mulai membeli dan mengkonsumsi produk-produk dalam negeri yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri.

Pelajar yang ikut dalam kegiatan tersebut semakin bersemangat, ketika mereka diuji pengetahuannya tentang produk lokal Bima yang ada di PLUT. Apalagi Kemendag RI menyiapkan hadiah menarik.
Ayo Cinta Produk Lokal! (*)

Penulis: Sofiyan Asy’ari