Beranda Kuliner Senna Suppa, Minuman Herbal Kaya Hasiat dalam Aksara Bima

Senna Suppa, Minuman Herbal Kaya Hasiat dalam Aksara Bima

Munawar, Penulis Penerjemah Aksara Bima, menyuguhkan minuman Suppa Senna yang diracik dari naskah Aksara Bima.

BimaBagus, NTB.-
Menikmati minuman pada masa Kerajaan atau Kesultana Bima memberi sugesti tersendiri. Apalagi, diramu atau diracik dengan bahan yang tradisional atau herbal. Salah satu minuman yang tertulis di aksara Bima adalah “Senna Suppa”.
Salah satu kekayaan budaya Bima adalah adanya aksara. Catatan tentang sejarah Bima, ada yang ditulis dengan aksara sendiri, namun juga Arab Melayu.

Dari lembar catatan yang ada di aksara Bima, rupanya terdapat tentang beberapa resep minuman herbal. Salah satunya, meniman yang dinamakan “Senna Suppa”.

Penulis Buku Aksara Bima, Munawar mengaku, mendapatkan catatan tantang pembuatan minuman herbal kaya khasiat. Ketika membuka lembar-lembar aksara Bima menemukan satu resep minuman.
Tidak hanya senang karena berhasil membaca aksaranya, namun juga bisa memeraktekkan membuat minuman tersebut. Dalam aksara tersebut, tertulis khasiatnya yang beragam.

Termasuk bagaimana cara membuatnya, serta pantangan bagi perempuan meraciknya. Pantangan itu bukan tanpa sebab, karena bisa memengaruhi cita rasa. “Bahkan minumannya tidak akan jadi,” ujarnya Workshop Menulis Aksara Bima di Sekretariat Dewan Kesenian Kota Bima, Sabtu (16/9/2017) lalu.

Selain itu, jika dibuat oleh perempuan, maka minuman tidak akan jadi, warna tidak sesuai dengan racikan laki-laki. Tentu ada rahasia dibalik itu semua. Tujuannya bagaimana minuman tersebut bisa memberikan khasiat yang dibutuhkan.
Sesuai namanya, bahan dasar dari minuman ini adalah Kayu Suppa atau Secang. Kayu ini dalam tradisi masyarakat Bima digunakan sebagai bahan pasar rumah atau kapal.

Jika kayu ini tidak ada, maka proses pembuatan rumah atau kapal belum bisa dimulai. Hanya saja, keberadaan kayu ini sudah cukup langka. Berbeda pada masa kerajaan atau kesultanan dulu. Karena kayu ini termasuk yang diincar Belanda untuk dikirim ke negaranya.

Setelah jadi, minuman ini berwarna coklat, pengaruh dari kayu Senna Suppa yang direbus. Menyuguhkannya dengan batang sere, juga memasukkan kayu Senna Supppa dalam gelas. “Bahannya bisa dicampur dengan bahan herbal lainnya, yang penting bahan dasarnya kayu Senna Suppa dan jumlahnya harus ganjil,” terangnya.

Apa saja khasiatnya? Dikatakan Munawar cukup banyak. Selain minuman penghangat badan, juga meningkatkan stamina, penglihatan bisa lebih terang dan lainnya.

Munawar pun mencoba meraciknya sesuai dengan petunjuk dalam aksara Bima tersebut. Minuman itu disuguhkannya pada peserta.

Minuman ini terasa memberi rasa hangat. “Keringat saya langsung keluar,” kata Asrul Sani.
Apalagi, ketika Munawar menyampaikan minuman itu bisa meningkatkan stamina bagi pria. Kontan saja, peserta pria menghabiskan minuman tersebut.

Pohon Secang
Apa saja sebenarnya khasiat Suppa Senna atau Secang?

Dalam situas http://www.khasiat.co.id/batang/secang.html menjelaskan tanaman secang memiliki bentuk kecil dan digolongkan sebagai tanaman perdu. Tanaman ini memiliki bunga kecil berwarna kuning. Daunnya tergolong menyirip berganda dan hampir mirip dengan daun petai cina, hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar. Tanaman ini memiliki biji sejenis polong-polongan. Bijinya berbentuk bulat memanjang dan berwarna hijau.

Batang secang nampak bergerigi dan berwarna keabuan. Namun, bagian dalam kayu secang berwarna merah. Manfaat secang biasanya diserut lalu dijadikan sebagai bahan minuman. Cara mengolahnya adalah dengan direbus bersama air hingga air rebusan berubah menjadi merah. Minuman yang dibuat dari secang ternyata bukan hanya sekedar minuman. Ada banyak manfaat dari minuman yang terbuat dari kayunya, terutama bagi kesehatan tubuh. Aneka manfaat minuman yang terbuat dari batang kayu secang tersebut dijabarkan sebagai berikut.

1. Antioksidan
Batang secang mengandung polifenol, yaitu zat memiliki sifat antioksidan dan menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, batang tanaman ini juga mengandung flavonoid yang memiliki fungsi sama dengan polifenol.

2. Meningkatkan efektiftas penyerapan Vit C
Manfaat batang secang lainnya adalah untuk meningkatkan penyerapan vit C dalam tubuh. Jika vit C dilakukan secara efektif, secara otomatis tubuh akan lebih tahan terhadap penyakit.

3. Antibiotik alami
Flavonoid pada batang secang mampu berfungsi sebagai antibiotik alami. Flavonoid akan memerangi virus dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

4. Menghentikan perdarahan
Selain dapat membunuh virus, falavonoid dalam batang kayu secang juga dapat menghentikan perdarahan. Caranya, siramkan air rendaman kayu ini pada area yang berdarah. Jika memiliki minyak atsiri yang terbuat dari kayu ini, cukup oleskan minyak atsiri tersebut pada luka yang berdarah. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari karena selain menghentikan perdarahan, batang tanaman ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

5. Menyehatkan dinding usus
Batang secang mengandung tannin, yaitu senyawa kompleks yang memiliki sifat anti-bakteri. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan tannin dalam batang kayu ini dapat memperbaiki kondisi dinding usus, terutama jika usus mengalami peradangan atau infeksi bakteri.

6. Anti nyeri
Batang kayu secang dapat diolah menjadi minyak atsiri. Minyak atsiri inilah yang memiliki sifat analgesik, yatu bahan yang dapat meredakan rasa nyeri.
7. Mengobati diabetes tipe II
Saponin merupakan zat yang memberikan rasa pahit pada tanaman. Ciri utama tanaman yang mengandung saponin adalah berbuih jika dicampur dengan air. Salah satu manfaat saponin yang terdapat pada batang secang adalah untuk meningkatkan kinerja insulin sehingga membantu penyembuhan diabetes tipe II.
8. Kanker prostat
Sebuah penelitian menunjukkan jika saponin dan flavonoid dapat bekerja sama untuk melawan kanker prostat. Baik saponin maupun flavonoid, semuanya terkandung dalam kayu secang.
9. Menurunkan resiko serangan jantung
Seperti yang dibahas sebelumnya, salah satu manfaat batang secang adalah untuk meningkatkan penyerapan vit C dalam tubuh. Jika vit C dapat diserap secara optimal, maka pembuluh darah arteri pada jantung tidak akan menebal. Itulah sebabnya batang kayu ini dapat menurunkan resiko serangan jantung.
10. Menangkal radikal bebas
Dalam batang secang juga terkandung polifenol yang mampu menangkal radikal bebas. Kandungan polifenol dalam batang tanaman ini hampir sama dengan polifenol yang terkandung dalam teh hijau.
15 Manfaat dan Khasiat Batang Secang Untuk Kesehatan Lainnya
Anti bakteri, Sakit perut, Anti jamur, Anti inflamasi, Meningkatkan kekebalan tubuh, Mengatas obesitas, Kanker usus besar, Menurunkan tekanan darah, Menghangatkan tubuh, Mengobati masuk angin, Meningkatkan stamina, Obat maagh kronis, Mencegah tumor, Mengatasi TBC, serta Obat sifilis.
Itulah tadi beberapa manfaat batang secang bagi kesehatan. Agar manfaat batang secang lebih optimal, Anda bisa menambahkan aneka rempah lainnya seperti, jahe, cengkeh, kayu manis dan gula merah. Selain itu, penambahan aneka rempah semacam ini juga akan membuat wedang secang terasa lebih nikmat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin beralih ke pengobatan herbal dan selamat mencoba. (*)

Penulis: Sofiyan Asy’ari